Statemen-statemen untuk perhitungan aritmatik.
# Abs [fungsi].
Memberikan nilai mutlak dari suatu argumen.
Sintaks: ABS(x);
# ArcTan[fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi arctangent dari perhitungan goniometri.
Sintaks: ArcTan (x);
dimana x dapat bertipe real atau integer dan akan menghasilkan nilai bertipe real.
# Cos [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Cosinus.
Sintaks: Cos (x);
# Exp [fungsi].
Menghitung nilai pangkat dari bilangan e (bilangan alam), yaitu sebesar x.
Sintaks: Exp (x);
x dapat bertipe real atau integer dan akan menghasilkan nilai bertipe real.
# Frac [fungsi].
Untuk mendapatkan nilai pecahan dari suatu bilangan.
Sintaks: Frac (x);
Tipe dari x sama seperti yang di atas.
# Int [fungsi].
Memberikan nilai integer (bilangan bulat) dari suatu variabel dengan membuang bilangan di belakang koma.
Sintaks: Int (X);
# Ln [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai logaritma alam (natural logarithm) dari nilai x.
Sintaks: Ln (x);
# Sin [fungsi].
Memberikan nilai dari fungsi Sinus.
Sintaks: Sin (x);
# Sqr [fungsi].
Digunakan untuk menghitung nilai pangkat kuadrat dari suatu bilangan.
Sintaks: Sqr (x);
Tipe dari x bisa berupa real maupun integer. Dan hasilnya akan sama dengan tipe dari x.
# Sqrt (fungsi).
Digunakan untuk menghitung nilai akar dari suatu bilangan.
Sintaks: Sqrt (x);
Contoh :
Program Aritmatik;
Uses Crt;
Var x : Real;
Begin
Clrscr;
Write('Masukkan nilai dari X = ');
Readln (x);
If x <0 Then x:=Abs (x);
Writeln('Nilai X = ',x:5:2);
Writeln ('Nilai eksponentialnya = ',EXP(x):9:3);
Writeln ('Nilai logaritma alamnya = ',LN(x):9:3);
Writeln ('Nilai integernya = ',INT(x):5:2);
Writeln ('Nilai fraksionalnya = ',FRAC(x):5:2);
Writeln ('Nilai X dipangkatkan = ',SQRT(x):9:3);
Writeln ('Nilai X diakarkan = ',SQRT(x):9:3);
Write('Nilai X jika dimasukkan dalam ');
Writeln('fungsi Sin,Cos,Tangen: ');
Writeln('- Sinus = ',Sin(x):9:3);
Writeln('- Cosinus = ',Cos(x):9:3);
Writeln('- Tangen = ',ArcTan(x):9:3);
End.
Hasilnya :
masukkan nilai dari X = -2.5
Nilai X = 2.50
Nilai eksponensialnya = 12,182
Nilai logarima alamnya = 0,196
Nilai integernya = 2.00
Nilai fraksionalnya = 0.50
Nilai X dipangkatkan = 6.250
Nilai X diakarkan = 1.581
Nilai X jika dimasukkan dalam fungsi Sin,Cos,Tangen:
- Sinus = 0.598
- Cosinus = -0.801
- Tangen = 1.190
Statemen-statemen untuk transfer nilai dari suatu variabel.
# Chr [fungsi].
Merubah nilai dari byte ke bentuk karakter yang sesuai dengan kode ASCII.
Sintaks: Chr (x);
Keterangan : x bertipe byte
Contoh : Writeln (Chr (61));
Hasilnya : a
# Ord [fungsi].
Merubah nilai suatu variabel dari bentuk karakter ke bentuk longint.
Sintaks: Ord (x);
Keteranagn : x bertipe char
contoh : Writeln(Ord ('B'));
hasilnya : 42
# Round [fungsi].
Membulatkan data tipe real ke data tipe longint.
Sintaks: Round (x);
Keterangan : Jika nilai pecahan < 0,5 maka dibulatkan ke bawah.
Jika nilai pecahan > 0,5 maka dibulatkan ke atas.
contoh : Writeln('10/3 dibulatkan = ',Round(10/3));
hasilnya : 10/3 dibulatkan = 3
# TRUNC [fungsi].
Membulatkan kebawah data tipe real ke data tipe longint.
Sintaks: Trunc (x);
contoh :
Writeln('20/3 dibulatkan kebawah = ',Trunc (20/3));
hasilnya : 20/3 dibulatkan kebawah = 6
Statemen-statemen untuk memanipulasi data.
# Pred [fungsi].
Memberikan nilai sebelum nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.
Sintaks: Pred (x);
# Succ [fungsi].
Memberikan nilai sesudah nilai argumen dalam urutannya dalam ASCII.
Sintaks: Succ (x);
# Inc[fungsi].
Menambah (increments) nilai suatu variabel.
Sintaks: Inc (x,i); {i >= 1}
# Dec [fungsi].
Mengurangi (decrements) nilai suatu variabel.
Sintaks: DEC(x,i); {i >=1}
Contoh :
Progam Man_Data;
Uses Crt;
Type
hari = (hr0,hr1,hr2,hr3,hr4,hr5,hr6,hr7)
Var
urutanhr : hari;
Const
namahr : Array [hr1..hr7] of String [6]=
('Senin','Selasa','Rabu','Kamis',
'Jumat','Sabtu','Minggu');
Begin
Writeln('Daftar Nama Hari);
urutanhr := hr0;
While Urutanhr < hr7 DO
Begin
urutanhr := Succ(urutanhr);
Write('hari ke ',Ord(Urutanhr):2,' adalah ');
Writeln(namahr[urutanhr]);
End;
End.
hasilnya adalah :
Daftar Nama Hari
hari ke 1 adalah Senin
hari ke 2 adalah Selasa
hari ke 3 adalah Rabu
hari ke 4 adalah Kamis
hari ke 5 adalah Jumat
hari ke 6 adalah Sabtu
hari ke 7 adalah Minggu
Statemen-statemen tambahan (warna,suara dan window).
# TextColor [prosedur].
Untuk mengatur warna dari karakter-karakter di layar.
Sintaks: TextColor (color : Byte);
Catatan : untuk pilihan warna lihat pada buku Turbo Pascal yang anda miliki.
Daftar TextColor :
(2) Hijau Muda (3) Hijau pupus (4) Merah
(5) Ungu Tua (6) Kuning (7) Putih
(8) Biru Tua (9) Biru Cerah (10) Hijau Muda
(12) Merah Muda (13) Ungu Cerah (14) Kuning Muda
(15) Ungu Pupus (16) Hitam
Daftar TextColor dengan Blink :
(17) Biru Tua (18) Hijau Muda (19) Hijau Pupus
(20) Merah (21) Ungu Tua
# TextBackGround [prosedur].
Untuk mengatur warna latar belakang dari karakter-karakter di layar.
Sintaks: TextBackGround (Color : Byte);
# Window [prosedur].
Untuk membuat suatu jendela (window) yang terletak pada layar.
Sintaks: Window (x1,x2,y1,y2 : Byte);
x1,x2 = kordinat kiri atas dengan nilai maksimal sesuai dengan mode layar.
y1,y2 = kordinat kanan bawah dengan nilai maksimal sesuai dengan mode layar.
# TextMode [prosedur].
Untuk mengatur lebar layar, 80 kolom atau 40 kolom.
Sintaks: TextMode(Mode: Byte);
Default = C80
# Sound [prosedur].
Untuk mengaktifkan suara (beep) pada internal speaker.
Sintaks: Sound (Hz : word);
Untuk mengnonaktifkannya, gunakan statemen NoSound.
Contoh :
Program Layar2;
Uses Crt;
Begin
ClrScr;
Window (5,5,20,75);
TextBackGround(Red); anda juga bisa menggunakan angka (4)
TextColor(Yellow);
Sound (220);
GotoXY(10,7);
Writeln('I Love Dinda');
GotoXY(11,7);
Writeln('Bayi Sehatku');
NoSound;
End.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar